Cara Menentukan Target Audience Pada Blog - agun82 I Blog Tutorial Blogger -->

07 September 2018

Cara Menentukan Target Audience Pada Blog

Cara Menentukan Target Audience Pada Blog
Menentukan Target Audience - Dalam aktivitas blogging, menentukan target audience merupakan hal yang harus dicermati dengan teliti sebab segala konten yang ada di blog akan dikomunikasikan kepada audience. Beragam jenis orang-orang memiliki kemungkinan untuk mengakses halaman blog/ website sahabat sehingga konten pun harus disesuaikan dengan karakter serta latar belakang pengunjung. Mengetahui target audience dengan tepat bisa mempermudah dalam hal menentukan strategi yang digunakan untuk menarik perhatian mereka dalam mengunjungi halaman blog/ website ahabat. Menetapkan target audience dalam dunia blogging adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan saat berblogging.

Target audience adalah orang-orang yang nantinya akan mengunjungi halaman blog/ websites sahabat. Dengan demikian maka dalam menulis konten pada blog kamu bisa memilih konten yang paling relevan untuk mereka, tentunya dengan penyampaian melalui gaya bahasa yang bisa dengan mudah dipahami dan materi yang relevan. Ingat, audience ini adalah orang-orang yang akan membayar sahabat nantinya, jadi jangan sampai sahabat tidak paham karakteristik mereka terlebih mengecewakannya.

Dalam artikel yang bersumber dari www. business.tutsplus.com yang ditulis oleh Celline Roque, How to Define a Target Audience (For Your Marketing Plans) yang diterjemaahkan oleh Febri Ardian Sanjoyo menjelaskan dan mendeskripsikan tentang apa itu target audience, bagaimana mengidentifikasinya, menggunakan target market tool dan menguji target pasarnya.

Berikut Cara Menentukan Target Audience Dalam Sebuah Blog.

Target Audience atau yang juga dikenal sebagai target market merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis. Karena tanpa mereka, bisnis kamu akan menjadi hal yang sia-sia. Setiap bisnis memiliki target audiens yang berbeda, tergantung dari jenis bisnis apa yang dijalankan, serta goals apa yang ingin dicapai.

Target Audience adalah orang-orang (baik individu maupun golongan) sebagai potensi yang Anda gunakan untuk produk dan layanan Anda. Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang ini adalah target audience/ target pemirsa/ target market/ target costumer.
Berikut adalah beberapa contoh ide bisnis yang dipasangkan dengan Target Audience potensial:

Ide Bisnis Potensial Target Audience
Wedding Photography Pasangan yang baru/ akan bertunangan
Layanan hukum Pemilik rumah dengan jarak yang tinggal di radius 10 mil dari kantor Anda
Graphic designer Usaha kecil dan menengah yang menjual produk high-end
Public speaker Perusahaan di industri jasa pelanggan
Gym seni bela diri Orang dewasa di kota Anda yang menginginkan pelatihan untuk bela diri
Kursus meditasi online Stressed Profesional dalam pekerjaan dengan tekanan yang tinggi
Dalam contoh diatas saya beropini bahwa dalam kaitan Target Audience pada blog/ websites bisa dikatakan sebagai berikut :

Bahwa ide bisnis = Niche pada blog yang diterapkan dengan target audience yang berhubungan/ berkaitan dengan Niche tersebut.
Contoh :

Niche Sub Niche Potensial Target Audience
Photography Editing, Lighting, Outdoor Photos, Studio Photos, Groups, Portraits, Photo Design, Dll Orang-orang yang berkaitan (kelompok/ individu) bisa ditemukan diberbagai club/ organisasi/ forum, daerah/ wilayah, usia, hobi, dsb. Mengidentifikasi target audience akan lebih mempermudah dalam menentukan target.
Travel Restoran, Hotel, Transportasi, Kebudayaan, Review, Dll
Hewan Anjing, Kucing, Perawatan Hewan, Peternakan, Pelatihan Hewan, Dll
Blogging Web traffic, Social Media, Affiliate Marketing, Services, Sponsored Posting, Ads, Design, WordPress, Themes, Dll
Kesehatan Kanker, Tumor, Malaria, Perawatan Tubuh, Anti Racun, Obat Tradisional, Dll
Olahraga Basket, Sepakbola, Renang, Tinju, Dll
Untuk menyelesaikan masalah pemasaran ini tentu adalah dengan cara mengidentifikasi dan mengenal karakteristik target audience dengan sangat baik. Sebagai hasil dari mengidentifikasi dan mengenal target audience, sahabat akan mengetahui beberapa manfaat berikut :
  • Mengetahui apa yang ingin mereka pahami.
  • Mengetahui seperti apa gaya bicara mereka secara online.
  • Untuk menjalin hubungan dan membangun reputasi.
  • Sebagai target promosi kita nantinya.
  • Mengetahui produk dan layanan yang akan sahabat tawarkan.
  • Mengetahui berapa harga yang harus ditetapkan untuk produk dan layanan sahabat.
  • Mengetahui Jenis materi pemasaran yang sahabat perlukan (sebuah situs web, selebaran, poster, iklan radio, posting blog, dll.)
  • Mengetahui Manfaat dan fitur yang akan sahabat soroti dalam materi pemasaran.
  • Mengetahui Kata kunci dan Niche yang tepat yang akan sahabat gunakan dalam salinan pemasaran Anda.
  • Mengetahui Desain materi pemasaran sahabat.
  • Mengetahui Di mana sahabat akan mengirim atau menampilkan materi pemasaran.
  • Mengetahui Dimana sahabat akan beriklan.
Tidak sulit menemukan mereka, sahabat bisa kunjungi beberapa tempat ini dan mulai untuk menganalisa:
  • Situs forum/ club/ organisasi – gunakan Google dengan keyword: [niche] + forum.
  • Facebook Groups – lakukan search di FB untuk menemukan grup terkait niche anda.
  • Google+ Communities – lakukan search untuk menemukan grup terkait niche anda.
  • Twitter, Instagram, Pinterst, Thumbler dsb. – pelajari #hashtag apa yang sering digunakan.
Sekarang sahabat tahu mengapa target audience sangat penting, saatnya memilih grup audience pertama. Berikut adalah daftar karakteristik yang harus sahabat pertimbangkan untuk mengidentifikasi :

  • Demografi, adalah kriteria yang sahabat gunakan untuk menggambarkan bagian tertentu dari suatu populasi. Beberapa contoh demografi meliputi:
    • Umur
    • Jenis kelamin
    • Penghasilan
    • Status pernikahan
    • Pekerjaan / Industri
    • Tingkat pendidikan

  • Lokasi, sahabat juga dapat mempersempit audience berdasarkan geografi atau lokasi. Sahabat bisa memilih lingkungan, kota, provinsi / negara bagian, atau negara. Mungkin juga dapat menentukan melalui jarak. Misalnya, sahabat dapat menargetkan pelanggan dalam radius 10 mil di kota sahabat. Atau bisa menargetkan pelanggan di kota sahabat dan kota-kota yang mengelilinginya. Bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online untuk pelanggan atau klien di seluruh dunia, kamu mungkin tidak perlu menetapkan lokasi. Namun, mungkin saja saat bisnisnya berkembang, sahabat akan melihat beberapa kota atau negara yang sebagian besar berasal dari pelanggan sahabat. Sahabat dapat secara khusus menargetkan area tersebut nanti atau beralih ke lokasi lain yang dapat membawa peluang yang diinginkan.

  • Psikografi,tidak seperti demografi, kelompok psikografi lebih sulit ditebak secara eksternal, karena ini lebih relevan dengan kepribadian mereka. Berikut adalah beberapa psikografi pengunjung yang bisa sahabat tentukan:
    • Minat/Kegiatan
    • Ini bisa mencakup topik yang diminati, hobi, aktivitas rutin, dan perilaku. Beberapa contoh: Penggemar game Board,sering backpacker, mulai tukang kebun, Kolektor perangko, dll.
    • Sikap/Opini
    • Sahabat juga dapat menentukan pendapat audience idealnya tentang sebuah topik atau masalah. Sebagai contoh: Orang yang menghargai permainan video yang dikembangkan oleh pengembang independen daripada perusahaan pengembang besar, Orang yang peduli terhadap lingkungan atau perubahan iklim, Orang yang percaya bahwa keseimbangan kehidupan kerja sangat penting, Orang yang selalu mencari harga terendah.

  • Pilihlah Dua Pengidentifikasi Paling Sedikit, meskipun sahabat tidak perlu mengidentifikasi semua karakteristik di atas, namun perlu tahu setidaknya dua hal. Mengapa dua? Hanya memiliki satu kriteria akan menjadi pasar yang sangat luas - akan seolah-olah sahabat sama sekali tidak menargetkan siapa pun. Di sisi lain, mengisi semua karakteristik mungkin terlalu sempit. Mungkin juga membantu untuk meninjau contoh-contoh yang tercantum di awal panduan ini. Lihat apakah sahabat dapat menemukan pengenal demografis, lokasi, dan psikografis yang digunakan di setiap grup pemirsa.
Untuk mempermudah menentukan Target Audience sahabat bisa mempergunakan bantuan beberapa tools seperti : (untuk tutorial akan saya tulis dalam artikel yang berbeda)
  • Facebook Audience Insights
  • Facebook Audience Insights adalah alat yang dapat membantu untuk menentukan dan mempelajari lebih lanjut tentang target audiencnya. Sahabat mulai dengan memilih kriteria audience yang berbeda seperti lokasi, usia, minat, dan perilaku. Kemudian, sahabat akan mempelajari lebih banyak hal tentang mereka, termasuk ukuran target pasar Anda, dan tren demografi atau psikografis apa pun.

    Facebook Audience Insights sangat berguna untuk memberi data demografis dan psikografis tambahan yang dapat digunakan untuk menentukan audience. Ini juga bisa memberi Anda perkiraan umum tentang seberapa besar potensi audience itu. Satu peringatan yang harus diketahui tentang datanya adalah sebagian besar didasarkan pada data dan perilaku pengguna yang dilaporkan sendiri di Facebook saja. Ini berarti bahwa Anda seharusnya tidak memperlakukannya 100 persen akurat, namun ini bisa memberi gambaran bagus tentang audiens target sahabat. Jika audiens yang dimaksud tidak benar-benar menggunakan Facebook, mungkin itu tidak akan berguna bagi sahabat.

  • Google Trends
  • Google Trends membantu untuk menentukan minat terhadap kata kunci atau topik tertentu dari waktu ke waktu. Ini bisa membantu jika ingin mempersempit lokasi untuk ide bisnis dan juga tren umum lainnya. Google Trends dapat membantu sahabat menemukan wilayah yang paling tertarik dengan topik yang diterapkan pada blog/ websitesnya. Sahabat kemudian dapat menemukan wilayah atas, kota, dan negara bagian dengan minat paling tinggi sesuai dengan topiknya. Sahabat juga akan segera melihat minat audience yang bersifat musiman dan atau konsisten selama bertahun-tahun.

  • MyBestSegments
  • Claritas MyBestSegments memiliki dua alat gratis yang bisa berguna saat menentukan target pasar, namun selama pasar itu berada di Amerika Serikat. Zip Code Lookup paling berguna bagi bisnis yang ingin menargetkan area tertentu. Cukup masukkan kode pos dan itu akan mencantumkan segmen pemasaran umum yang tersedia untuk area tersebut. Sahabat juga mendapatkan rincian data demografis untuk wilayah ini, seperti usia, pendapatan rumah tangga, komposisi rumah tangga, ras dan etnis. MyBestSegments membantu sahabat menemukan segmen pasar dalam kode pos tertentu. Jangan lupa klik pada segmen pasar di hasil. Ini akan memberi sahabat lebih banyak rincian tentang minat, perilaku, dan demografi segmen lainnya.

    Pergunakan MyBestSegments untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai kelompok sasaran pasar di AS. Jika tidak ingin mencari berdasarkan lokasi, juga bisa mencari berdasarkan segmen pasar dan mengambilnya dari sana. Sehingga dapat langsung menuju Segmen Details dan memilih segmen pasar yang dekat dengan target pemirsa yang dipilih.
Ini merupakan saat yang tepat untuk mulai menguji target adience untuk melihat apakah konten blog/ websites telah sesuai. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:
  • Dapatkan Feed Back dari Audience
  • Kolom komentar adalah salah satu tempat untuk mendapatkan feed back dari audience disamping dukungan email atau subscribe, tentu saja komentar yang relevan dengan isi dari konten pada blog/ website. Kurangi bahkan hindari pop up/ form/ survey yang berlebih dan memaksa yang malah membuat audience enggan.
  • Buatkan program yang menguntungkan bagi pengunjung terloyal
  • Audience terloyal ini merupakan fans fanatik blog/ websites sahabat. Buatkan program menguntungkan bagi audience terloyal untuk menarik audience yang sejenis dengan mereka, memiliki ketertarikan serupa dan kemungkinan akan mau berkunjung ke blog/ websites sahabat. Misal, memberikan buku atau ebook gratis terkait dengan konten artikel yang ditulis.

Demikian, semoga membantu dan bermanfaat... happy blogging.
logo agun82
logo agun82
Please Share

Artikel Lainnya Terkait Blogger ,SEO

0 komentar:

Post a Comment

Jika dirasa ada hal yang kurang jelas, silahkan untuk berkomentar dibawah sesuai dengan judul artikel. Saya sangat menghargai dan menghormati apabila sahabat berkomentar dengan bijak, sopan, dan mohon tidak menyertakan link aktif atau SPAM.